Rapat Koordinasi Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)

Rabu, 15 Mei 2019
Inspektorat Nganjuk ~ Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Nganjuk mengadakan Rapat Koordinasi Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Tahun 2019 (Jumat, 3/5/2019) bertempat di Ruang Rapat Roro Kuning Pemerintah Kabupaten Nganjuk
Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Nganjuk, Putu Winasa, SH, MM mewakili Sekretariat Daerah Kabupaten Nganjuk, diikuti oleh sekitar 50 peserta, terdiri dari Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yaitu perwakilan dari Polres Nganjuk, Kodim 0810 Nganjuk, Kejaksaan Negeri Nganjuk, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nganjuk yang ditunjuk.

Rapat Koordinasi tersebut sekaligus menyampaikan bahwa Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Nganjuk, untuk menindaklanjuti Surat Keputusan Bupati Nganjuk, Nomor : 188/12/K/411.012/2019 tanggal 2 Januari 2019 tentang Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Nganjuk Tahun 2019.

Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Nganjuk Tahun 2019 berupaya Membangun Sistem Pencegahan Pungutan Liar. Hal ini juga ditindaklanjuti dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Nganjuk yang telah dilaunching, dengan menempatkan 20 layanan publik didalamnya. Dibutuhkan rekomendasi terhadap pimpinan organisasi perangkat daerah, untuk MPP yang baru dilaunching, serta diperlukan pemahaman terkait tugas-tugas MPP agar timbul persamaan persepsi.

Sejak adanya launching Tim Saber Pungli (tahun 2017), diharapkan bisa terus berkelanjutan. Bila di Nganjuk “tidak ada” kasus berkaitan dengan Saber Pungli, tetap harus ada pola pikir positif dan bisa memaknai bahwa memang di Kabupaten Nganjuk tidak ada kejadian terkait Saber Pungli.

Inspektorat sebagai APIP menduduki peran penting untuk melakukan sosialisasi pada masyarakat. Semakin banyaknya Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar diharapkan dapat meningkatkan pencegahan pungutan liar.

Kabupaten Nganjuk mendapat ranking 5 di tingkat Polda Jawa Timur, dengan ditunjang kegiatan penindakan sebanyak 1 kali dalam 1 bulan dan kegiatan pencegahan sebanyak 6 hingga 7 kali dalam 1 bulan.

Kegiatan Koordinasi Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Nganjuk akan disampaikan melalui pesan dari media sosial (whatsapp) untuk kecepatan informasi.
share :
PEMERINTAH KABUPATEN NGANJUK
INSPEKTORAT DAERAH
Kontak :
Jl Panglima Sudirman No 284 Nganjuk
Telp/Fax. 0358 - 321196
Email : inspektorat@nganjukkab.go.id
@ 2019 tim IT Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk