Pengawasan Internal Pemerintahan Daerah sebagai suatu fungsi manajemen harus mampu menjamin bahwa program dan kegiatan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan dan sasaran sudah dilaksanakan secara efektif, efisien sesuai dengan rencana kebijakan yang telah ditetapkan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan pada paradigma tersebut maka pengawasan internal pemerintah harus direncanakan secara tepat, cermat, profesional, terpadu serta berkesinambungan. Oleh karena itu Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk sebagai APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) wajib menyusun Rencana Strategis Pengawasan untuk 5 (lima) tahun ke depan.

Tujuan :
Dalam Renstra 2018 - 2023, Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk telah menetapkan tujuan organisasi sebagai arah strategik menuju perbaikan kinerja selama 5 (lima) tahun sesuai fungsi organisasi. Tujuan tersebut adalah “Tata Kelola Pemerintahan Dan Pengawasan Yang Akuntabel”

Sasaran :
Meningkatnya pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel
Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang dapat berperan sebagai catalyst, consulting partner dan quality assurance
Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas
Inspektorat Daerah merupakan unsur pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Inspektorat Daerah dipimpin oleh Inspektur dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Inspektorat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan oleh Perangkat Daerah.

Fungsi
Dalam melaksanakan tugasnya Inspektorat Kabupaten Nganjuk mempunyai fungsi :
1.
Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
2.
Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
3.
Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
4.
Penyusunan laporan hasil pengawasan;
5.
Pelaksanaan administrasi inspektorat daerah;
6.
Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas fungsinya.
PEMERINTAH KABUPATEN NGANJUK
INSPEKTORAT DAERAH
Kontak :
Jl Panglima Sudirman No 284 Nganjuk
Telp/Fax. 0358 - 321196
Email : inspektorat@nganjukkab.go.id
@ 2019 tim IT Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk